Dr. M. Busyro Muqodas, S.H., M.Hum, Keynote Speaker Kuliah Umum Perdana Pascasarjana UMY

Dalam rangka menyambut dan pengenalan proses akademik kepada Mahasiswa Baru pascasarjana UMY tahun akademik 2018-2019, Program Doktor Politik Islam-Ilmu Politik dan Program Pascasarjana mengadakan Kuliah Umum Perdana yang bertajuk “Jelang Pilpres 2019: Membangun Keadaban Politik Berkemajuan ” pada Sabtu, (29/9) di Ruang Sidang Pascasarjana Lantai 4, Gedung Kasman Singodimedjo Kampus Terpadu UMY. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarata, Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P. dan dihadiri seluruh Mahasiswa Baru Program Pascasarjana.

Tampil sebagai Keynote Speaker pada kuliah umum perdana yaitu  Dr. M. Busyro Muqodas, S.H., M.Hum, yang merupakan mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tahun 2010-2011 dan Dr. Hasse J., M.A. sebagai moderator. Dihadapan mahasiswa baru pascasarjana, Busyro Muqoddas menerangkan keadaban politik berkemajuan antara idealitas-realitas.

Busyro menyampaikan bahwa rumusan ideal politik keadaban bangsa hakekatnya pada ideologi dan paradigma politik kenegaraan yang bersumber dari 4 alinea Mukaddimah UUD 1945. Ia sebagai pengikat lembaga-lembaga negara maupun elemen masyarakat secara utuh. Adanya kesenjangan ekonomi dan realitas ketidak-adilan sosial mencerminkan tata kelola negara yang tidak konsisten dalam penegakan kebijakan politik keadaban.

Busyro berpesan perlunya agenda setting untuk merevitalisasi perguruan tinggi dalam orientasi pembangunan nasional berspirit politik keadaban berkemajuan berbasis moralitas mukoddimah UUD 1945. Diharapkan adanya perumusan skala prioritas riset tesis dan disertasi berbasis kesenjangan idealita dengan realita politik keadaban.